Tips Menjaga Kesehatan Mata

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata – Mata merupakan bagian organ yang penting, fungsinya secara umumnya untuk melihat. Dan ada pepatah mengatakan “Mata Merupakan Jendela Dunia”. Pepatah tersebut benar adanya. Karena dengan mata kita dapat mengetahui informasi.

Dengan mata juga kita dapat melihat betapa indahnya dunia, selain itu dapat melihat cantik dan tampan pasangan kita. Tetapi tidak bisa di pungkiri dengan bertambahnya usia dan pola menjaga mata yang salah dapat menimbulkan penurunan kesehatan mata.

Di dukung dengan era modern saat ini dengan hadirnya berbagai alat penunjang yang berhubungan dengan mata seperti televisi, handphone, computer dan laptop. Setiap saat kebanyakan mengunakan pelatan tersebut baik itu untuk berkomunikasi, hiburan atau bisnis.

Setiap saat tidak lepas dari peralatan tersebut, sampai akan tidur juga masih mengunakannya. Padahal jangka panjangnya untuk kesehatan mata cukup bebahaya.

Nah, berikut di bawah kami rangkumkan tips untuk menjaga kesehatan mata. Meskipun dengan bertambahnya usia mata akan tetap terjaga kesehatannya, jika anda menjaga mata dengan benar.

Baca Juga Dokter Mata Semarang Lengkap Dengan Alamat

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata

1). Rutin Memeriksakan Mata

Mulai dari anak-anak hingga usia lanjut dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesehatan mata. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin dokter akan memberikan saran yang terbaik dengan mata Anda.

2). Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi lah makanan seperti sayuran hijau, salmon, tuna, telir, kacang-kancangan, dan jeruk. Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

3). Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Tiap 29 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, atau bisa juga mengistirahatkan mata Selma 15 menit tiap 2 jam sekali.

Dengan menghindari terlalu sering menatap layar elektronik seperti televise, handphone dan laptop dapat membantu mata untuk beristirahat dan dapaknya dapat membuat mata lebih sehat lagi.

4). Memakai Kaca Mata Hitam

Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat mengalami katarak. Degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata.

Sebaiknya gunakanlan kaca mata atau alat bantu lainya seperti lensa mata. Datangilah dokter mata untuk meresepkan lensa yang sesuai dengan kondisi mata anda.

5). Tidak Merokok

Ternyata merokok dapat meningkatkan risiko penyakit karatak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optic yang mampu meyebabkan kebutaan.

Dengan mengurangi rokok, anda juga sudah berusaha menjaga kesehatan mata serta organ tubuh lainnya. Merokok juga bisa menumbuhkan plak di aliran darah dan melemahkan arteri hingga menimbulkan risiko serangan jantung.

6). Membuang Makeup Lama

Nah, cara menjaga mata berikutnya. Ini bagi kaum wanita yang suka memakai riasan terutama riasan yang terdapat di sekitar mata. Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh denganmudah.

Dengan membersikan makeup yang sudah lama secara rutin dapat megurangi dapat penurunan kesehatan mata karena bakteri.

7). Rajin Olahraga

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan pengelihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dll.

Selain olahraga dapat menjaga kebugaran tubuh, ternyata dengan berolahraga yang rutin dapat mengurangi terjadinya penyakit mata di kemudian hari.

Baca Juga Dokter Mata Di Jambi: Daftar, Alamat Tempat Praktek

Nah, itulah sejumlah cara untuk menjaga kesehatan mata. Sayangilah mata dari saat ini karena mata merupakan asset yang berharga.

Bagaimana jadinya jika suatu saat mata akan mengalami penurunan kesehatan apalagi sampai ke hal buruk yaitu kebutaan.