setor tunai mandiri

Setor Tunai di ATM Mandiri dan Teller Begini Caranya

Mau setor tunai di bank Mandiri? Terdapat 2 pilihan yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan menggunakan mesin ATM setor tunai (cdm) atau melalui teller bank.

Setiap pilihan tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya. Misal kamu melakukan setor tunai melalui teller, bank tidak setiap saat buka dan resiko mengantri, kelebihannya akan dibantu oleh petugas dan memiliki resiko kecil.

Jika melalui ATM, kamu dapat melakukan setor tunai selama 24 jam tanpa harus mengantri di teller. Resikonya jumlah atm setor tunai yang masih terbatas dan memiliki resiko uang tidak dapat disetorkan.

Cara Setor Tunai Mandiri

Sudah disebutkan di atas terdapat 2 pilihan yang dapat nasabah lakukan untuk setor tunai (menabung). Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan dan yang paling mudah menurut kamu.

Syarat Setor Tunai di ATM Bank Mandiri

Jika akan melakukan setor tunai dengan menggunakan atm sebaiknya cari terlebih dulu lokasinya. Lokasi Mesin ATM setor tunai (Cash Deposit Machine-CDM) biasanya terdapat di gallery atm dan kantor cabang tertentu.

Untuk mencari lokasi terdekat dapat memanfaatkan fitur cari lokasi ATM di situs resmi Bank Mandiri, silahkan kunjungi https://www.bankmandiri.co.id/atm. Kemudian pilih lokasi dan jenis ATM CDM. Maka lokasi akan ditampilkan dengan akurat.

Setor tunai dengan jenis mesin atm ini harus memenuhi persyaratanya terlebih dahulu, berikut ini syaratnya.

  1. Kondisi uang yang akan di setorkan dalam keadaan rapi, tidak terlipat, tidak ada strepless, dan tidak sobek, tidak ada isolasi
  2. Tidak lusuh, lebab dan basah apalagi lengket
  3. Masksimal setiap kali transaksi sebanyak 50 lembar
  4. Pecahaan yang dapat disetorkan yaitu pecahan Rp. 50.000 dan Rp. 100.000.

Setor tunai di atm Mandiri

Menabung dengan menggunakan ATM CDM cukup mudah, caranya hampir sama dengan mesin atm tarik tunai yang membedakan mesin ini untuk setor tunai. Berikut ini caranya.

  1. Silahkan kunjungi Mandiri ATM CDM terdekat
  2. Masukkan kartu ATM
  3. Pilih Bahasa Indonesia
  4. Masukkan PIN ATM bank Mandiri
  5. Pilih menu Setor Tunai
  6. Setelah membaca informasi penting pada layar mesin ATM silahkan pilih Sudah Lanjut
  7. Masukkan uang kedalam kotak yang terbuka
  8. Silahkan takan lanjutkan
  9. Tunggu beberapa saat mesin ATM akan menghitung uang yang akan disetorkan
  10. Layar mesin ATM akan menunjukkan jumlah uang yang di setorankan. Pastikan jumlah uang sudah benar
  11. Kemudian pilih menu ‘Setorkan’
  12. Berikutnya akan muncul informasi konfirmasi mengenai jumlah uang, nomor rekening, nama pemilik rekening. Jika sudah benar kemudian pilih YA
  13. Tunggu sampai transaksi selesai, kemudian struk setoran akan keluar dari mesin ATM
  14. Akhiri transaksi kemudian ambil kartu ATM

Setor tunai melalui teller bank

Langkah berikutnya yaitu setor tunai dengan datang langsung ke teller bank, transaksi ini yang paling sering dilakukan oleh nasabah. Karena akan dibantu oleh teller secara langsung. Dan berikut ini caranya.

  1. Isilah aplikasi (slip) setoran. Jika uang yang akan disetorkan dibawah 25 juta gunakan slip setoran kecil berwarna putih, jika diatas 25 juta gunakan slip setoran yang berwarna biru. Jika kurang paham bisa menayakan ke petugas bank
  2. Silahkan siapkan uang, KTP, buku tabungan dan aplikasi setoran yang sudah diisi
  3. Tuggu teller bank memangil antrian
  4. Jika sudah berada di teller silahkan serahkan uang, slip dan ktp
  5. Teller bank akan menghitung jumlah uang, jika sudah benar teller akan memprosesnya
  6. Kemudian petugas akan meyerahkan slip untuk ditandatangani. Silahkan tanda tangani dan serahkan kembali ke teller.
  7. Transaksi selesai, saldo tabungan Bank Mandiri akan bertambah.

Menabung di bank Mandiri memang mudah, selain itu dana yang disimpan juga lebih aman dan kapanpun kamu mau bisa mengambilnya.

Selain itu dengan adanya kartu ATM, kamu dapat melakukan berbagsai kemudahan lainnya seperti transfer, cek saldo, melakukan pembelian, isi ulang pulsa dengan kartu tersebut.

Kamu juga dapat memanfaatkan layanan sms banking dan internet banking untuk transaksi perbankan yang dapat kamu lakukan kapan saja dengan menggunakan handphone milik kamu.

Catatan tambahan: sebaiknya berhati-hati dalam setiap transaksi perbankan, terutama saat menggunakan kartu ATM. Jangan beritahu pin kepada siapapun meskipun petugas bank yang memintanya.

Baca Juga : Lokasi ATM Setor Tunai Mandiri di Jakarta Timur

Gulir ke Atas