Ada yang mau dibisikin cara cari cuan di Youtube selain dari Adsense?

Sejarah PT Bank Permata Tbk

Sejarah PT Bank Permata Tbk – Bank Permata merupakan salah satu bank swasta yang ada di Indonesia. Bank yang dipimpin oleh Chalit Tayjasanant sebagai Direktur Utama ini memiliki kantor cabang sebanyak 304 kantor cabang, mobile branch atau cabang bergerak 2 dan 942 ATM.

Sejarah Singkat PT Bank Permata Tbk

Bank Permata didirikan oleh Djaja Ramli pada tanggal 17 Desember 1954. Pada saat itu bernama Bank Persatuan Dagang Indonesia. Namun bank ini baru beroperasi pada tanggal 5 Januari 1955.

Dua tahun setelahnya yaitu di tahun 1957 tepatnya di tanggal 19 Februari, Bank Dagang Indonesia memperoleh izin sebagai bank umum dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 1937/U.M.II

Pada 20 Agustus 1971, sang pemilik bank mengubah nama perusahaannya menjadi PT Bank Bali. Pada 1989, Bank Bali berhasil mencatatkan saham di Bursa Efek Jakarta.

Perkembangan Bank Bali semakin pesat pada 1994. Pada tahun ini Bank Bali sudah mempunyai kantor cabang dan cabang pembantu sebanyak 243 di Indonesia. Di Luar negeri juga sudah mempunyai kantor cabang yaitu di Los Angeles dan Cayman Island.

Pada saat terjadi krisis moneter di Asia. Bank-bank di Indonesia juga mengalami dampaknya. Salah satunya Bank Bali. Beruntung datang mitra yang membantu memberikan modal senilai 20% yaitu Standard Chartered Bank.

Baca Juga Cara Transfer DANA ke GoPay via Bank Permata

Lalu bagaimana bisa menjadi Bank Permata?

Awalnya Bank Permata merupakan gabungan dari beberapa bank yang ada di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional Indonesia (BPPN). Beberapa bank tersebut adalah PT Bank Bali Tbk, PT Bank Universal Tbk, PT Bank Prima Express, PT Bank Artamedia dan PT Bank Patriot.

Penggabungan kelima bank diatas disetujui oleh Bank Indonesia pada tanggal 30 September 2002 melalui Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia No. 4/159/KEP.DnG/2002.

Kemudian pada tanggal 18 Oktober 2002, Bank Indonesia menyetujui perubahan nama PT Bank Bali Tbk menjadi PT Bank Permata Tbk hingga saat ini. Persetujuan ini berdasarkan Surat Deputi Gubernur Bank Indonesia No. 4/162/KEP.DnG/2002.

Namun pada Mei 2020, Bank Permata diakuisisi oleh Bangkok Bank. Bangkok Bank secara resmi memiliki saham Bank Permata sebesar 89,12% dari seluruh saham.

Demikianlah informasi singkat mengenai Sejarah PT Bank Permata Tbk. Rekomendasi untuk melihat kalender secara online bisa cek kalender online enkosa.com disini.

Leave a Comment