Nomor Referensi Bank BRI: Cara Cek dan Fungsi

Nomor Referensi Bank BRI ada dua jenis yaitu nomor referensi yang dibuat oleh nasabah dan nomor yang sudah ditentukan dari lembaga perbankan.

Nomor referensi ini digunakan saat akan transfer uang kerekening lain. Akan tetapi ada banyak nasabah BRI yang mengabaikan nomor referensi ini, yaitu tidak membuatnya. Untuk nomor referensi yang khusus dibuat oleh nasabah.

Sedangkan nomor referensi yang sudah disediakan oleh bank, harus dicantumkan saat akan melakukan transfer ke rekening bank lain melalui mesin ATM.

Apa itu Nomor Referensi Bank BRI

Nomor referensi Bank BRI merupakan kode unik yang berupa angka dibuat untuk tanda bukti bahwa nasabah sudah melakukan transaksi perbankan.

Nomor referensi dapat ditemukan saat akan melakukan transaksi berupa transfer uang melalui aplikasi BRImo, di ATM, atau melalui layanan Internet Banking.

Misalnya kamu akan melakukan transfer uang ke dari aplikasi BRImo, biayasanya dipilihan opsi teransfer tersebut ada informasi yang meminta untuk memasukan nomor referensi.

Untuk nomor referensi yang dibuat oleh nasabah bebas dapat dibuat atupun dikosongkan.

Nasabah juga bebas membuat nomor refrensi, misalnya saja nomor refrensi tersebut dapat dibuat dengan menggunakan tanggal lahir, nomor alamat rumah ataupun nomor ponsel.

Baca Juga Berapa Lama Transfer Uang Dari Luar Negeri ke Bank BRI

Nomor Referensi Nasabah

Sudah dibahas diatas nomor referensi nasabah yaitu nomor yang dibuat oleh nasabah saat proses melakukan transfer uang ke rekening lain.

Untuk pembuatan nomor referensi sendiri juga bebas, nasabah dapat membuatnya atau mengosongkannya.

Akan tetapi jika transaksi tersebut, dirasa cukup penting dan memerlukan proteksi tambahan tidak ada salahnya membuat nomor referensi.

Jika kemudian hari bukti transfer yang berupa struk hilang dapat memanfaatkan nomor referensi sebagai bukti transaksi sudah selesai dilakukan.

Nomor Referensi Bank BRI

Berbeda dengan nomor referensi nasabah, nomor referensi yang dikeluarkan oleh pihak bank yaitu berupa 3 digit kode unik.

Atau seseorang sering menyebutnya kode transfer bank. Kode tranfer bank ini dapat digunakan saat akan transfer dari bank yang berbeda.

Misalnya saja, kamu nasabah dari bank Mandiri dan akan melakukan transfer ke rekening BRI melalui mesin ATM.

Maka kamu membutuhkan kode transfer bank BRI, untuk dapat melakukan proses transfer tersebut. Selanjutnya kamu masukkan nomor kode transfer bank BRI yaitu 002, maka proses transfer akan berjalan dengan lancar.

Kode transfer ini berfungi untuk transfer beda bank, jika transfer sesama bank tidak diminta untuk memasukan kode transfer.

Berikut ini beberapa kode transfer bank, terutama bank-bank yang terkenal di Indonesia:

Kode Transfer BankNama Bank
002Bank BRI
014Bank BCA
008Bank Mandiri
009Bank BNI
022Bank CIMB Niaga
147Bank Muamalat
213Bank BTPN
200Bank BTN
011Bank Danamon

Fungsi Nomor Referensi Bank

Di banyak informasi yang terdapat di internet tidak ada fungsi khusus dari nomor referensi oleh nasabah.

Selain itu referensi yang dibuat oleh nasabah bebas mau dibuat atau tidak, terserah nasabah yang akan melakukannya.

Adapun fungsi dari nomor referensi yang dibuat oleh nasabah yaitu:

  • Sebagai bukti telah meyelesaikan transaksi / transfer
  • Untuk proteksi tambahan

Sedangkan fungsi dari nomor referensi bank atau yang disebut dengan kode transfer bank. Memiliki fungsi khusus yaitu digunakan untuk transfer beda bank.

Jika kode transfer bank tersebut tidak dimasukkan saat transfer ke rekening bank lain melalui mesin ATM, maka transaksi tidak dapat dilanjutkan atau bisa disebut juga transfer uang akan gagal.

Untuk itulah, nasabah yang akan melakukan transfer harus memasukan nomor referensi sesuai dengan kode transfer bank yang akan digunakan untuk transfer uang.

Cara Cek Nomor Referensi Bank BRI

Bagaimana Cara Cek Nomor Referensi Bank? Nomor referensi yang dibuat oleh nasabah memiliki fungsi untuk bukti transaksi dan proteksi tambahan.

Saat bukti transaksi yang berupa sturk hilang, dapat memanfaatkan nomor referensi yang dibuat saat proses transfer.

Jika ingat dan memiliki catatan mengenai nomor referensi tersebut, dapat langsung memberikan nomor tersebut.

Nah, untuk yang tidak memiliki catatan dapat mengeceknya dengan mudah. Untuk dapat cek nomor referensi dapat dilakukan setelah selesai melakukan transaksi.

Cara ceknya juga tidak terlalu sulit, kamu dapat datang langsung kekantor Bank BRI terdekat dengan membawa buku tabungan dan KTP.

Sedangkan untuk mengetahui nomor referensi bank dapat dilakukan melalui mesin ATM, saat akan transfer dapat cek kode transfer di bagian pojok kiri bawah.

Baca Juga Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI

Kesimpulan

Nomor referensi BRI yaitu nomor yang dapat digunakan untuk bukti transksi transfer, untuk nomor yang dibuat oleh nasabah saat proses transfer.

Sedangan nomor referensi dari pihak bank yang berupa 3 angka unik dapat digunakan untuk transfer ke beda bank melalui mesin ATM.

Demikianlah informasi yang dapat mengenai Nomor referensi Bank BRI, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment

Shopee