Lupa PIN ATM? Tenang, Ini Solusinya

Untuk dapat menggunakan Kartu ATM baik itu di mesin ATM atau EDC adalah dengan memasukan PIN yang sebelumnya anda buat, Namun bagaimana jika lupa?

Tentunya jika lupa maka kartu ATM tidak dapat digunakankan sebagaimana mestinya. Jika dipaksa sampai 3 (tiga) kali berturut-turut maka kartu akan terblokir dan tidak dapat digunakan sama sekali.

Hal ini juga berlaku untuk semua jenis kartu ATM dari berbagai bank seperti Mandiri, BRI, BNI, BCA, Danamon dan bank lainnya.

Sebelum sampai kartu ATM terblokir sebaiknya akhiri transaksi, jangan diteruskan lagi sampai anda benar-benar mengingat PIN tersebut kembali.

Tapi, jika masih lupa maka jalan satu-satunya yaitu dengan mendatangi Bank dimana anda menabung yang selanjutnya meminta ke Customer Service (CS) untuk melakukan reset PIN sehingga dapat digunakan seperti semula.

Baca Juga Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank

Cara Menganti PIN ATM Karena Lupa dan Terblokir

Untuk langkah-langkah yang dapat lakukan yaitu:

  1. Datang ke Kantor Cabang terdekat
  2. Ambil nomor antrian ke Customer Service
  3. Ketika antrian dipanggil datangi Customer Service
  4. Sampiakan perihal mengenai masalah Kartu ATM dan ajukan reset PIN
  5. Selanjutnya CS akan membantu sampai proses selesai

Sebelum datang ke kantor cabang terdekat sebaiknya siapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan yaitu seperti kartu ATM, buku tabungan dan kartu Identitas diri (KTP atau SIM).

Satu lagi untuk kasus penggantian PIN ATM (reset PIN) akan dikenakan biaya sesuai dengan kententuan dari bank tersebut. Namun, jangan khawatir untuk biaya reset PIN terjangkau jadi tidak akan menguras isi kantong.

Solusi Lupa PIN ATM

Untuk menghindari lupa PIN ATM kembali baik itu ATM BRI, Mandiri, BCA, BNI atau jenis ATM lainnya solusinya cukup mudah yaitu:

  • Buat PIN yang mudah diingat
  • Buat PIN dengan tanggal lahir idola anda
  • Catat di buku catatan dan simpan PIN di tempat yang aman

Untuk keamanan data perbankan Anda sebaiknya buat PIN yang mudah anda ingat tapi sulit diingat oleh orang lain dan yang peting jangan beritahukan kepada orang lain termasuk petugas bank.

Solusi Lain Selain Menggunakan Kartu ATM

Kartu ATM dapat digunakan untuk berbagai transaksi perbankan beberapa yang sering dilakukan oleh nasabah yaitu penarikan, cek saldo, transfer, pembayaran dan transaksi lainnya.

Jika masih lupa dengan PIN ATM, dapat memanfaatkan layanan lainnya yang difasilitasi oleh pihak perbankan layanan tersebut yaitu e-Banking.

Dengan adanya layanan e-Banking nasabah dapat melakukan transaksi tersebut melalui computer, laptop ataupun dengan menggunakan handphone (HP).

Jadi layananan e-Banking yang terdiri dari internet banking, sms banking dan mobile banking layaknya mesin ATM tapi tidak dapat digunakan untuk tarik tunai.

Untuk mendapatkan fasilitas dari layanan e-Banking, nasabah harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu.

Pendaftarannya dapat dilakukan melalui jaringan mesin ATM ataupun dengan mendatangi cabang terdekat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mendatangi kantor cabang terdekat ataupun menghubungi call center bank yang bersangkutan.

Untuk call center bank-bank besar di Indonesia diantaranya yaitu:

  • Bank BCA dan BCA Syariah: 1500888
  • Bank Mandiri: 14000
  • Bank Mandiri Syariah: 14040
  • Bank BNI dan BNI Syariah: 1500046
  • Bank BRI: 14017 atau 1500017
  • Bank CIMB Niaga dan Niaga Syariah: 14041
  • BRI Syariah: 1500789
  • Danamon: 1500090
Shopee