kelebihan dan kekurangan mobile banking

Kelebihan Dan Kekurangan Mobile Banking

Kelebihan dan kekurangan mobile banking tidak akan menjadi masalah bagi orang yang sudah terlanjur nyaman menggunakannya. Mobile banking merupakan layanan dari perbankan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi menggunakan smartphone.

Kelebihan Mobile Banking

Secara garis besar keuntungan dan kelebihan yang bisa dirasakan ketika menggunakan mobile banking adalah semua transaksi bisa dikerjakan langsung dengan menggunakan smartphone di genggaman tangan tanpa batas waktu dan tempat.

  • Lebih Praktis

Seiring perkembangan zaman tentu saja masyarakat ingin semua hal bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Oleh karena itulah penggunaan mobile banking memiliki banyak kelebihan dibanding dengan internet banking.

Jika menggunakan internet banking maka masih membutuhkan alat akses yaitu komputer yang terhubung dengan internet, sedangkan dengan menggunakan mobile banking semua transaksi bisa dilakukan dengan cepat melalui smartphone saja.

  • Fitur Lebih Mudah

Selain bisa dibawa kemanapun, menggunakan mobile banking juga memiliki fitur yang lebih mudah untuk difahami. Dengan pilihan menu yang simple dan sederhana, nasabah bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Dengan kemudahan fitur ini dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja maka bisa dipastikan selain mudah digunakan juga menghemat banyak waktu dibanding harus datang ke bank.

  • Lebih Hemat

Ketika melakukan transaksi di bank tentunya selalu terkena biaya jasa admin atau teller yang mengurusinya. Dengan adanya mobile banking tentu saja bisa menghemat biaya tersebut karena jumlah potongan biaya transaksi tidak lagi besar.

Keuntungan bagi bank tentu saja dapat mekayani segala bentuk prosomi dan layanan langsung dari smartphone tanpa harus bertemu terlebih dahalu.

  • Terdata dan Tertulis

Semua data transaksi akan langsung masuk ke ruang history sehingga nasabah bisa dengan muadah mengetahui aliran transaksi yang dilakukan menggunakan smartphone. Jadi tak perlu repot lagi untuk pergi ke bank dalam melakukan macam layanan transaksi.

Kekurangan Mobile Banking

Tiada gading yang tak retak. Dengan segala keunggulan dan kelebihannya ternyata masih ada beberapa celah yang perlu diantisipasi ketika menggunakan mobile banking.

Apalagi jika nominal yang ada didalamnya memiliki jumlah cukup besar. Secara garis besar terdapat beberapa kerugian dalam menggunakan mobile banking yaitu.

  • Keamanan

Banyak yang berpendapat bahwa sistem keamanan dari mobile banking lebih baik dibandingan dengan internet banking karena memang di dalam smartphone jarang ditemui virus yang dapat mengganggu lalu lintas transaksi.

Akan tetapi masalah baru ditemukan dengan banyaknya kasus penipuan berbentuk konfirmasi transaksi keuangan dalam mobile banking.

Kasus smishing menjadi kasus yang paling sering digunakan untuk mengakali sistem keamanan mobile banking. Caranya adalah dengan menggunakan sms konfirmasi palsu mengatas namakan pihak bank  dengan bertanya detail dari rekening. Tidak akan berlangsung lama maka para hacker dengan mudah masuk kedalam sistem keuangan.

  • Spesifikasi Smartphone yang Kompatible

Berikutnya tidak semua smarphone bisa menggunakan mobile banking karena tidak sama semua bank meyediakannya. Kalupun meyediakan aplikasi tersebut aka tentunyan membutuhkan smartphone dengan standar minimal agar bisa digunakan dengan maksimal.

Contohnya sebuah aplikasi mobile banking berukuran besar maka harus dijalankan dengan smartphone yang memiliki RAM dan ROM yang besar pula untuk mendukung apliasi tersebut.

  • Tambahan Biaya

Meskipun ada bank yang tidak memiliki kebijakan tersebut akan tetapi juga ada beberapa bank yang mengharuskan nasabah untuk mengisi ulang pulsa untuk biaya pengganti sms konfirmasi dan biaya perawatan software.

Tambahan biaya ini juga seringkali dipermasalahkan karena tanpa adanya biaya maka transaksi tidak dapat dilakukan dengan mudah.

Baca Juga Daftar Internet Banking BRI Memberikan Beragam Keuntungan

Itulah beberapa informasi yang berkenan dengan kelebihan dan kekeruangan mobile banking.

Diterbitkan oleh

Suratno

Berusaha belajar