Cara Transfer SMS Banking Mandiri Ketik SMS & Dial UMB

Cara Transfer SMS Banking Mandiri – Nasabah perbankan kini semakin dimudahkan dengan berbagai layanan yang diberikan oleh pihak bank.

Seperti halnya kirim uang (transfer) dapat dilakukan oleh setiap nasabah baik itu antar bank atau antar rekening dengan berbagai fasilitas yang diberikan.

Nasabah dapat melakukan transfer dengan menggunakan jaringan ATM yang tersebar luas diberbagai wilayah termasuk di daerah pelosok.

Selain itu dengan pekembangan teknologi yang semakin maju, pihak bank juga memanfaatkannya untuk menerbitkan layanan yang ramah, aman dan dapat digunakan 24 jam.

Seperti memberikan layanan sms, mobile dan internet banking. Layanan tersebut dapat digunakan untuk berbagai transaksi perbankan salah satunya yaitu transfer.

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Antar Bank Dan Beda Bank

Ada dua pilihan bagi nasabah Mandiri yang dapat dilakukan jika ingin melakukan transfer dengan menggunakan layanan sms banking.

Yaitu nasabah dapat melakukan dengan mengetikan format sms banking atau memilih diap UMB.

Kedua cara tersebut sama-sama mudah, namun sebelum dapat menggunakan layanan SMS Banking anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui Mandiri ATM dan kemudian melakukan aktivasi finansial di Customer Service Bank Mandiri terdekat.

Selanjutnya jika nasabah sudah berhasil melakukan pendaftaran sms banking, dapat menggunakannya untuk transfer dengan cara berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Via Format SMS Banking – Tranfer Antar Bank

  1. Buka hp dan jalankan aplikasi pesan singkat (SMS)
  2. Ketik format TRB(spasi)1(spasi)Kode Bank(spasi)Nominal. Contoh: TRB 1 002 2045010000XXXXX 200000
  3. Berikutnya kirim ke 3355
  4. Selanjutnya akan ada pesan masuk: Transfer ke rek. 2045………./BRI/nama rekening tujuan transfer Rp 200.000 ….. ketik PIN anda digit ke-6 dan ke-5 kirim ke 3355
  5. Balas SMS dengan memasukan nomor PIN yang diminta dan kirim ke 3355
  6. Berikutnya anda akan menerima informasi mengenai transaksi terebut

Transfer antar bank disini diperlukan kode bank, contoh diatas yaitu transfer ke Bank BRI dengan kode banknya yaitu 002. Untuk informasi kode bank lain dapat di simak di Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia.

Jika anda ingin melakukan transfer antar rekening dengan sms banking caranya juga hampir sama, yaitu dengan mengetikan format sebagai berikut ini.

  1. Transfer ke rek sendiri antar rek Mandiri : TRS<kode rek sendiri 1><kode rek sendiri 2><jumlah>
  2. Trasfer ke rek lain (tanpa berita) antar rek Mandiri: TRT<kode rek sendiri><no rek lain><jumlah>
  3. Trasfer ke rek lain (dengan berita) antar rek Mandiri: TRT<kode rek sendiri><no rek lain> #BERITA max 20 karakter

Via menu dial UMB

  1. Ketik 1416# pada menu dial di HP
  2. Pilih nomor 3 untuk Transfer
  3. Pilih nomor 2 untuk Antar Rekening
  4. Masukkan nomor rekening tujuan
  5. Masukkan nominal uang yang di transfer
  6. Masukkan 2 digit PIN sesuai dengan urutan yang diminta lewat SMS
  7. Transaksi selesai, anda kan mendapatkan notifikasi transfer sukses

Limit Transaksi Mandiri SMS Banking

Sebelumnya, kami informasikan dahulu bahwa Bank Mandiri telah banyak memberikan fasilitas perbankannya untuk memudahkan nasabahnya salah satunya fasilitas transfer yang dapat dilakukan dengan berbagai metode.

Nasabah dapat menentukan pilihan mana yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan baik dengan dengan menggunakan jaringan ATM, sms, mobile atau dengan internet banking (Mandiri Online).

Namun, perlu diingat bahwa Bank Mandiri juga memberikan batas limit sesuai dengan kebijakan saat itu. Untuk limit transaksi dengan Mandiri SMS yaitu:

FiturLimit (Rp) / hari
Transfer100.000.000
Pembayaran non kartu kredit100.000.000
Pembayaran   kartu kredit
-KK Bank Mandir100.000.000
-KK Bank Lain50.000.000
Isi ulang pulsa5.000.000

Biaya SMS Banking Mandiri

Transaksi dengan mmenggunakan SMS Banking akan dikenakan biaya sms. Jika menggunakan ketik SMS akan dikenakan biaya kirim SMS sesuai dengan kebijakan provider/operator seluler anda.

Sedangkan untuk terima SMS akan dikenakan biaya sebesar Rp 500,- setiap kali terima sms. Jika menggunakan pilih menu yaitu dial UMB di 1416# maka akan dikenakan biaya seperti berikut ini:

Telkomsel

  • Biaya kirim sms sesuai kebijakan operator
  • terima untuk kartu Halo Rp 500,-, kartu AS Rp550,- dan Simpati Rp 550,-

XL dan Indosat

  • Rp 500,- (transaksi informasi)
  • Rp 1.000,- (transaksi transfer/pembelian/pembayaran)

Tentunya biaya diatas sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut dapat mendatangi cabang terdekat atau menghubungi call center mandiri di nomor 14000.