4 Cara SEO YouTube Terbaru Agar Video Masuk Trending

Cara SEO Youtube Terbaru – Metode SEO (search engine optimization) tidak hanya dapat dilakukan untuk Google. Karena di YouTube pun menerapkan konsep pencarian yang serupa.

Sehingga apabila anda mengunggah video di kanal YouTube dan ingin mendapat banyak penonton, cara SEO YouTube dari Jasa SEO Jakarta ini bisa dengan mudah Anda terapkan.

Seperti apa ? Yuk cek.

Cara SEO YouTube Terbaru

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendatangkan trafik ke video Youtube, salah satunya yaitu dengan mempelajari SEO Youtube terbaru.

Baca Juga Cara Convert Video Youtube ke mp3 Tanpa Aplikasi

Riset Keyword

Sama seperti Google, anda harus memenangkan persaingan di hasil pencarian video YouTube apabila ingin mendapat banyak penonton.

Karena rata rata user akan memilih video yang muncul di paling atas sebelum melihat lihat ke video lain di bawahnya. Dan di sini, SEO YouTube juga mengenal yang namanya keyword atau kata kunci.

Keyword pada YouTube tersebut bisa menentukan posisi dari konten yang anda buat. Mulai dari kata kunci utama, turunan, sampai LSI atau sinonimnya.

Untuk itu, anda perlu menemukan kata kunci sesuai niche konten. Tidak lupa analisis tren terbaru di YouTube, karena biasanya video teratas dan seterusnya mempunyai tema yang sama.

Pastikan Video Berkualitas

Cara SEO YouTube selanjutnya yaitu pastikan video anda memang berkualitas. Karena kualitas video akan menentukan video retention rate atau persentase orang yang menonton video anda.

Dimana semakin lama audiens menonton video anda, maka kesempatan untuk berada di peringkat atas hasil pencarian akan semakin besar.

Baca Juga Berapa Persen Komisi TikTok Affiliate?

Optimasi Semua Elemen Video

Apabila sudah yakin berhasil membuat video yang berkualitas, jangan lupa optimasi semua elemen video tersebut.

Mulai dari mengoptimasi deskripsi video, menamai file video dengan kata kunci yang telah ditargetkan, menggunakan thumbnail khusus yang dapat menarik perhatian, serta menggunakan tags yang relevan dengan isi konten.

Bahkan anda pun perlu memperhatikan pengucapan kata kunci yang ditargetkan di dalam video. Contohnya kata kunci “cara membuat cv ats”, maka pastikan di dalam video anda mengucapkan kata tersebut.

Apabila video sudah terlanjur dibuat tanpa menyisipkan keyword, maka anda bisa menyiasatinya dengan menyisipkan kata kunci di dalam copy. Sehingga YouTube nantinya bisa memahami konteks dari video.

Promosikan Video

Meski telah melakukan berbagai poin di atas, tugas anda tidak berhenti sampai di situ saja. Karena masih ada banyak hal yang dapat dilakukan agar cara SEO YouTube berhasil dan menarik lebih banyak penonton.

Adapun yang perlu anda kerjakan selanjutnya yaitu melakukan promosi. Tentunya promosi video tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Butuh langkah yang tepat supaya promosi berhasil. Seperti menggunakan media sosial yang tepat, iklankan video anda, membuat komunitas atau channel, serta tidak lupa evaluasi video yang sudah rilis agar konten selanjutnya dapat ditingkatkan.

Baca Juga Syarat Daftar TikTok Affiliate Nol Follower

Penutup

Meski kebanyakan orang mempelajari SEO khusus untuk Google, namun SEO YouTube terbaru tentunya tidak kalah penting.

Terlebih YouTube merupakan salah satu platform besar yang dapat diandalkan untuk mempromosikan produk atau layanan.

Mudahnya anda bisa menggunakan jasa SEO specialist seperti WEBARQ untuk mengoptimasi bisnis anda.

Leave a Comment

Shopee