Cara Mengganti PIN ATM BRI Dengan Mudah

Cara Mengganti PIN ATM BRI – Ada banyak manfaat yang didapatkan dari kartu ATM yang diberikan oleh pihak bank saat membuka rekening baru, tidak terkecuali bank BRI juga memfasilitasinya.

Kartu ATM dapat digunakan untuk pengambilan uang, transfer, cek saldo dan transaksi lainnya. Namun perlu di ingat setiap kartu ATM dibekali dengan PIN. Dimana PIN ATM sebagai keamanan untuk nasabah.

Setiap bank menganjurkan untuk menganti PIN ATM secara berkala yaitu minimal 3 bulan sekali. Memang cukup merepotkan tapi ini semua dilakukan untuk keamanan data perbankan. Lalu bagaimana caranya?

Cara Mengganti PIN ATM BRI

Beikut ini langkah-langkah untuk mengganti PIN di ATM BRI:

  1. Datangi mesin ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM dan pilih Bahasa Indonesia
  3. Masukkan PIN ATM dengan benar
  4. Pilih menu Transaksi Lain
  5. Pilih UBAH PIN
  6. Input 6 digit pin baru
  7. Ulangi sekali lagi memasukkan pin baru

Baca Juga Persyaratan Bikin ATM BRI

Sampai disini sudah berhasil merubah PIN ATM, jika tidak ada transaksi lagi silahkan tekan Cencel untuk mengakhiri transaksi.

Sebaiknya lakukan berkala untuk mengganti PIN ATM yaitu setiap 3 bulan sekali, hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan data diri anda di perbankan.

Jika sampai bocor ke orang lain resikonya cukup tinggi yaitu dana yang terdapat di rekening tabungan dapat hilang dan tindakan kejahatan lainnya.

Cara diatas merupakan untuk merubah PIN yang belum terblokir, jika sudah terblokir maka caranya beda lagi.

Lalu bagaiman cara merubah PIN ATM terblokir?

Cara Merubah PIN Kartu ATM Terblokir

Jika PIN ATM yang terblokir karena kesalahan saat memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut tidak dapat dilakukan sediri.

Caranya yaitu dengan meminta bantuan ke customer service di kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu identitas diri dan kartu ATM.

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Datang ke cabang terdekat
  2. Ambil antrian ke Customer Service dan tunggu
  3. Datangi Customer Service setelah nomor antria di panggil
  4. Sampaikan perihal mengenai kartu ATM terblokir
  5. Selanjutnya Customer Service akan membantu untuk mengaktifkan kartu ATM dengan mengganti PIN yang baru

Nah, jika sudah berhasil maka kartu ATM dapat digunakan lagi sebagai mana mestinya yaitu untuk transkasi perbankan seperti tarik tunai, cek saldo transfer dan transaksi lainnya. Sebaiknya ingat baik-baik PIN ATM untuk menghindari terblokirnya kartu ATM.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan datangi kantor cabang BRI terdekat atau dapat juga menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau (021) 1500 017.