Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak – Saat ini memiliki rekening tabungan merupakan suatu hal yang cukup wajar mengingat banyak transaksi yang berhubungan dengan rekening.

Adapun untuk buat rekening sendiri cukup mudah yaitu dengan melengkapi persyaratan sesuai dengan kebijakan dari bank yang bersangkutan.

Namun, adalakanya rekening jika lama tidak dipakai dan didalamnya tidak ada saldo lagi maka kemungkinan besar rekening tersebut tidak dapat digunakan lagi. Jika ini terjadi pada rekeningmu, maka lakukan hal berikut ini untuk memastikan rekening sudah mati atau masih aktif.

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak

Status rekening bank yang cukup lama tidak digunakan lagi kurang lebih 6 bulan berturut-turut, terlebih lagi rekening tersebut memiliki saldo dibawah saldo minimum maka kemungkinan besar rekening menjadi pasif atau istilah yang digunakan oleh bank yaitu rekening dormant atau mati suri.

Jika saldo dalam rekening atau kartu ATM Rp 0,- (nol rupiah) selama 6 bulan maka kemungkinan besar akan ditutup oleh sistem.

Untuk memastikan rekening tersebut masih aktif lakukan hal berikut ini, ini dapat dilakukan untuk semua bank (BRI, BNI, BCA, Danamon, Mandiri, BTN, dll).

Langkah yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor rekening masih aktif yaitu:

  • Pertama – Coba Transfer Uang
  • Kedua – Coba Hubungi Call Center Bank
  • Ketiga – Datang Ke Kantor Cabang Terdekat

Baca Juga Syarat Buka Rekening Mandiri Untuk Buat Kartu ATM

Coba transfer uang ke rekening tersebut

Untuk memastikan rekening sudah mati atau masih aktif, cara pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan transfer online.

Kamu dapat mencoba transfer dengan menggunakan kartu ATM di mesin ATM terdekat atau dengan menggunakan layanan Mobile Banking atau Internet Banking.

Jika transfer melalui mesin ATM pastikan cari lokasi ATM terdekat dan untuk yang beda bank harus memasukan kode bank tujuan transfer.

Misalnya saja transfer dari BRI ke BCA maka harus memasukan kode bank BCA. Adapun kode bank BCA dan bank lainnya diantaranya yaitu:

  • Kode Bank BCA 014
  • Kode Bank Danamon 011
  • Kode Bank BTPN 213
  • Kode Bank Mandiri 008
  • Kode Bank BNI 009
  • Kode Bank BRI 002

Jika sebelumnya sudah mengaktifkan layanan Mobile dan Internet Banking dapat melakukan transfer dari Hp atau dengan menggunakan komputer/laptop.

Jika transfer ke rekening yang akan dipastikan masih aktif atau tidak berhasil dan selanjutnya saldo rekening tujuan nambah, ini artinya rekening tersebut masih aktif dan dapat digunakan lagi untuk transaksi perbankan.

Baca Juga Cara Transfer BCA ke BRI, Via ATM dan e-Banking

Cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak dengan hubungi call center

Jika cara diatas sudah dilakukan dan masih kurang yakin mengenai status rekening tersebut, cara berikutnya yaitu dengan menghubungi call center bank yang bersangkutan.

Saat akan menghubungi call center bank sebaiknya siapkan terlebih dokumen – dokumen diantaranya yaitu buku tabungan, kartu ATM, KTP dan nama Ibu kandung dan yang tidak kalah penting yaitu harus memiliki pulsa yang mencukupi.

Dokumen tersebut biasayanya akan ditanyakan oleh Customer Service bank. Jika semuanya sudah siap maka dapat menghubungi call center bank yang bersangkutan. Adapun nomor call center bank, diantaranya yaitu:

  • Call Center Bank BCA dan BCA Syariah 1500888
  • Call Center Bank Mandiri 14000
  • Call Center Bank BNI dan BNI Syariah 1500046
  • Call Center Bank BRI 14017 atau 1500017
  • Call Center Bank BTPN 1500300
  • Call Center Bank Danamon 1500090

Baca Juga Cara Cek Nama Pemilik Rekening

Datang ke kantor cabang terdekat

Cara terakhir yang dapat dilakukan saat ingin mengetahui nomor rekening dan kartu ATM masih aktif atau tidak yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang bank yang bersangkutan.

Sebelum datang kekantor bank yang bersangkutan siapkan dokumen seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP dan nama Ibu kandung. Selanjutnya lakukan langkah berikut ini:

  1. Datang kekantor cabang terdekat
  2. Ambil nomor antrian ke Customer Service, tunggu sampai dipanggil
  3. Jika nomor antrian dipanggil segera datangi Customer Service
  4. Langkah selanjutnya yaitu sampaikan mengenai nomor rekening yang akan di cek masih aktif atau tidak
  5. Nantinya Customer Service akan memeriksa nomor rekening tersebut

Nah, demikianlah cara mengetahui nomor rekening bank masih aktif atau tidak. Jika nomor rekening tidak aktif lagi dapat buat rekening baru, kamu dapat buat rekening BNI, BRI, BCA, Mandiri ataupun rekening bank lain dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Baca Juga Saldo Awal Buka Rekening BNI dan Cara Buka Tabungan

FAQ

Bagaimana cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak?

Untuk mengetahui nomor rekening masih aktif atau sudah mati dapat coba transfer ke rekening tersebut jika dapat di transfer maka rekening tersebut masih dapat digunakan. Cara lainnya yaitu dengan menghubungi call center atau datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Apakah rekening yang sudah tidak aktif bisa menerima transferan?

Rekening yang sudah mati atau tidak aktif lagi tidak dapat di kirimi uang atau transfer, akan tetapi rekening yang hanya bersifat pasif maka rekening tersebut dapat menerima transfer.

Apakah rekening bank bisa mati?

Jika rekening tersebut tidak digunakan selama 6 bulan berturut-turut dan di dalamnya tidak ada saldo maka rekening tersebut akan di tutup oleh sistem bank, setiap bank memiliki aturan yang beda-beda.

Tinggalkan komentar