Cara Menabung di Bank BRI Lewat Teller dan ATM Setor Tunai

Cara Menabung di Bank BRI – Jika sudah berhasil buat rekening atau ATM BRI untuk menambah jumlah saldo dalam tabungan yaitu dapat melakukan setor tunai.

Selain setor tunai untuk menambah jumlah saldo tabungan dapat juga melalui proses jual beli online yang nantinya uang hasil transaksi akan di transfer ke dalam rekening tabungan.

Tentunya proses setor tunai atau menabung sangat mudah bagi yang sudah berpengalaman tapi tidak menutup kemungkinan akan sulit bagi yang baru pertama kali akan menabung. Setor tunai atau menabung sendiri dapat dilakukan melalui teller bank ataupun dengan menggunakan mesin ATM setor tunai.

Cara Menabung di Bank BRI

Proses menabung atau menyimpan uang dalam rekening ini tentunya jika sudah memiliki rekening tabungan sendiri. Tapi selain memiliki rekening sendiri tetap juga dapat melakukan setor tunai ke rekening milik orang lain (transfer).

Jika belum memiliki rekening di Bank BRI dapat membuatnya terlebih dahulu, tentukan jenis tabungan yang sesuai. Bank BRI menawarkan produk simpanan seperti tabungan Simpedes, Simpedes TKI, Britama, Britama bisnis, Britama X, Britama Rencana, Britama Valas, Tabungan Haji, Tabungan BRI Junio, BRI Simpel dan BRI Tabunganku.

Syarat buat rekening atau ATM BRI cukup mudah yaitu siapkan dokumen pendukung (KTP, MPWP jika ada), uang untuk setoran awal buka rekening, isi formulir buka rekening dan persyaratan lainnya.

Jika sudah memiliki rekening BRI berikut ini tata cara dan langkah-langkah menabung melalui teller bank, ATM setor tunai dan Agen BRILink.

Baca Juga Cara Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa dan Dengan Kartu

Cara Menabung Melalui Teller Bank

  1. Siapkan uang dan buku tabungan terlebih dahulu
  2. Kunjungi kantor cabang Bank BRI terdekat
  3. Ambil nomor antrian ke teller bank dan tunggu giliran di panggil
  4. Berikutnya setelah giliran nomor antrian di panggil langsung datang ke teller
  5. Serahkan buku tabungan atau slip setoran
  6. Selanjutnya teller akan memproses transaksi sampai selesai
  7. Buku tabungan dan slip setoran akan di serakan kembali
  8. Periksa kembali buku tabungan dan slip setoran

Cara menabung melalui teller bank cukup sering dilakukan oleh nasabah mengingat caranya yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Proses setor tunai di teller dapat dilakukan tanpa menggunakan buku rekening baik itu setor ke rekening sendiri ataupun ke rekening milik orang lain.

Tentunya untuk setor tunai tanpa menggunakan buku tabungan harus mengisi slip setoran dan akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000.

Untuk cara mengisi selip setoran juga cukup mudah, namun jika mengalami kesulitan dapat meminta bantuan ke saptam (security) Bank BRI.

Berikut ini cara mengisi formulir slip setoran tunai Bank BRI:

  1. Tuliskan Tanggal, Bulan dan Tahun saat akan setor tunai
  2. Tuliskan nomor rekening
  3. Tuliskan nama pemilik rekening tujuan
  4. Pilih mata uang rupiah
  5. Tuliskan Nama Penyetor atau Pengirim
  6. Tuliskan alamat peyetor dengan benar
  7. Tuliskan nomor telepon
  8. Tuliskan keterangan Transfer atau Setoran
  9. Tuliskan nominal uang yang akan di setor menggunakan angka
  10. Tuliskan nilai setoran dengan menggunakan huruf
  11. Buat Tanda Tangan

Cara Menabung Lewat Mesin ATM Setor Tunai

  1. Rapikan terlebih dahulu uang yang akan di setorkan
  2. Siapkan kartu ATM BRI
  3. Cari dan datangi mesin ATM BRI setor tunai
  4. Masukkan kartu ATM ke slot mesin ATM
  5. Masukkan PIN ATM dengan benar
  6. Pilih menu Setor Tunai, pilih ke Rekening Sendiri
  7. Masukkan uang ke dalam box yang tersedia
  8. Berikutnya layar ATM akan menampilkan konfirmasi mengenai setoran tersebut, jika sudah benar tekan Setor
  9. Transaksi selesai, ambil kembali Kartu ATM dan struk bukti transaksi

Cara ini tentunya lebih mudah dan praktis dibandingkan melalui teller bank karena dapat dilakukan menggunakan ATM setor tunai dan dapat dilakukan selama 24 jam.

Setor tunai melalui ATM setor tunai dapat dilakukan jika kondisi uang dalam keadaan rapi, tidak ada steples, tidak robek dan tidak basah.

Uang yang dapat di setorkaan melalui ATM setor tunai yaitu pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000, untuk pecahan lainnya belum bisa.

Cara Menabung via Agen BRILink

Cara berikutnya yaitu menabung melalui Agen BRILink. Saat ini jumlah Agen BRILink cukup banyak dan terus bertambah. Untuk lokasinya sendiri cukup mudah ditemukan karena biasanya terdapat di kios-kios yang terdapat spanduk BRILink.

Saat menabung melalui Agen BRILink siapkan uang lebih untuk biaya administrasi. Tiap Agen BRILink memiliki biaya admin yang beragam mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 15.000.

Berikut ini langkah-langkah cara menabung melalui Agen BRILink terdekat:

  1. Siapkan uang dari rumah
  2. Cari dan datangi Agen BRILink
  3. Serahkan uang dan nomor rekening tabungan BRI
  4. Sampaikan ke pemilik agen BRILink mau menabung
  5. Selanjutnya pemilik agen BRILink akan memperoses transaksi sampai selesai
  6. Pemilik agen BRILink meyerahkan struk bukti transaksi
  7. Bayarkan biaya admin ke pemilik agen BRILink

Menabung Dengan Bantuan Orang Lain

Jika tidak dapat melakukan setor tunai sendiri baik itu melalui teller bank, ATM setor tunai dan Agen BRILink dapat meminta bantuan ke orang lain.

Yaitu dengan cara transfer dari rekening yang di mintai bantuan dan nantinya akan diganti dengan uang tunai sesuai dengan jumlah uang yang ditransfer.

Demikianlah cara menabung atau setor tunai di Bank BRI. Jika masih ada kesulitan dapat meminta bantuan ke putagas Bank BRI di kantor cabang terdekat atau dapat juga menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau (021) 1500 017.

Baca Juga Cara Transfer BRI ke BNI

FAQ

Apakah Bank BRI ada potongan tiap bulan?

Bank BRI ataupun bank lainnya terdapat biaya administrasi bulanan yang besaranya tiap jenis rekening berbeda. Biaya admin rekening BRItama Rp 11.000, BRI Simpedes Rp. 5.500 dan BRI Junio gratis untuk usia di bawah 12 tahun sedangkan untuk usia diatas 12 tahun akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.