Cara Cek Mutasi BRI Via ATM, SMS & Internet Banking

Cara cek mutasi BRI – Ada banyak istilah dalam perbankan seperti SMS Banking, Internet banking, transfer, mutasi rekening dan masih banyak lagi.

Mutasi rekening sendiri merupakan salah satu transaksi yang cukup sering dilakukan oleh nasabah. Mutasi rekening merupakan catatan mengenai transaksi dalam rekening yang berupa dana masuk atau keluar.

Catatan ini cukup penting, mengingat dengan adanya catatan ini nasabah dapat mengontrol transaksi pebankan. Selain itu catatan tersebut juga dapat digunakan untuk mengajukan kredit kepemilikan rumah, motor, mobil, barang elektronik atau untuk kelancaran bisnis yang sedang dijalani.

Cara Cek Mutasi BRI

Mengingat BRI merupakan salah satu bank terbesar dan memiliki nasabah dari perkotaan sampai dengan pedesaan.

Maka bank ini selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk nasabahnya. Bank BRI selalu berinovasi dan memberikan kemudahan dalam berbagai transaksi perbankan seperti halnya mutasi rekening.

Jika dahulu mutasi rekening dapat dilakukan di kantor BRI dan ATM (itupun hanya sebatas 5 transaksi terakhir) kini nasbah dapat melakukan dengan menggunakan sms banking, internet banking, mobilie banking dan pihak ketiga. Berikut ini caranya:

Cek Mutasi di Buku Tabungan

Buku tabungan yang diberikan oleh pihak bank saat pertama kali menabung berisi catatan transaksi. Nasabah dapat melihat mutasi rekening melalui buku tabungan tersebut.

Untuk mengetahui catatan terbaru nasabah dapat mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas diri.

Kemudian sampaikan kepada teller bank, ingin cetak buku tabungan atau mutasi rekening. Maka teller akan membantu melakukan pecentakan sampai proses selesai.

Cek Mutasi di ATM BRI

Untuk langkah-langkah cek mutasi melalui mesin ATM cukup mudah. Jika anda belum tau caranya dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM
  3. Pilih Bahasa Indonesia
  4. Masukkan pin ATM
  5. Pada layar utama pilih menu Transaksi Lainnya
  6. Pilih cek Info Rekening
  7. Pilih menu Mutasi Rekening
  8. Struk mutasi keluar dari mesin ATM
  9. Transaksi selesai

Hasil cetak mutasi akan keluar dalam bentuk struk, yang isinya 5 transaksi terakhir. Jika masih kesulitan menggunakan cara diatas, karena susah menemukan ATM BRI maka dapat menggunakan cara berikut ini.

Cek Mutasi Via SMS Banking

Yang menarik dari Bank BRI yaitu adanya fasiltas SMS banking. Transaksi perbankan dapat dilakukan dengan menggunakan format sms yang dikirim ke nomor 3300.

Sebelum menggunakan layanan ini, nasabah harus mendaftarkan nomornya terlebih dahulu. Pendaftarannya sendiri dapat dilakukan melalui mesin ATM atau datang langsung ke kantor BRI terdekat untuk mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap.

Setelah nomor telepon terdaftar maka dapat digunakan untuk transaksi perbankan seperti halnya untuk cek mutasi, caranya yaitu:

  1. Buka HP
  2. Jalankan aplikasi untuk kirim pesan singkat (SMS)
  3. Tulis pesan dengan format INFO MUTASI (spasi) pin sms banking
  4. Berikutnya kirim ke nomor 3300

Catatan:

  • Pin sms banking dimasukan dengan benar, contoh: INFO MUTASI 123456
  • Transaksi dengan sms banking akan dikenakan potongan pulsa

Baca Juga Cara Transfer SMS Banking BRI

Cek Mutasi via Internet Banking

Sama dengan sms banking, untuk dapat menggunakan layanan internet banking harus melakukan pendaftaran / registrasi terlebih dahulu.

Jika sebelumnya sudah terdaftar dan sudah aktif maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini, untuk cek mutasi.

  1. Kunjungi situs internet banking BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  2. Login dengan User ID, password dan masukkan angka validation yang ada di sampingnya
  3. Kemudian klik tombol Masuk
  4. Selanjuntnya pilih opsi (3 / tiga garis orange) dan akan tampil beberapa pilihan menu
  5. Selanjuntnya klik Menu Rekening
  6. Pilih mutasi rekening
  7. Berikutnya tentukan tanggal yang akan di cek mutasinya
  8. Pilih Tampilkan
  9. Hasilnya akan di tampilkan pada layar utama

Cek mutasi BRI dengan menggunakan internet banking dapat dilakukan sampai dengan transaksi 6 terakhir.

Mutasi Rekening Melalui Mobile Banking

Cara ini dapat dilakukan setelah melakukan pendaftaran mobile banking, kemudian melakukan aktivasi dan tentunya aplikasi mobile banking BRI sudah di install di HP.

Jika semuanya sudah memenuhi maka dapat melakukan cek mutasi dengan mudah, untuk langkah-langkahnya yaitu:

  1. Jalankan aplikasi mobile banking BRI
  2. Login dengan user id dan password
  3. Pilih Mobile Banking BRI
  4. Berikutnya pilih INFO dan INFO MUTASI
  5. Input PIN mobile banking BRI dan klik OK atau Send
  6. Berikutnya informasi mutasi akan di kirim melalui sms

Pastikan saat menggunakan mobile banking dan sms banking untuk cek mutasi, nomor terdapat pulsa sehingga tidak terjadi kendala saat melakukan kirim dan terima sms.

Itulah beberapa cara cek mutasi yang dapat dilakukan melalui kantor BRI, mesin ATM, internet banking, mobile banking dan sms banking.

Tentunya ada banyak kenggunaan saat melakukan cek mutasi seperti halnya, untuk mengetahui siapa yang kirim uang kerekening kita, untuk pengajuan kredit dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mendatangi kantor BRI terdekat atau dapat menghubungi call center BRI di nomor 14017 / 1500017.

Tinggalkan komentar