Cara Bayar PBB di Bank BJB Online dan Offline

Cara Bayar PBB di Bank BJB – Seperti yang diketahui, membayar PBB merupakan sebuah kewajiban. Untuk mendorong peningkatan pembayaran pajak, kini PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (Bank BJB) turut melayani pembayaran pajak PBB.

Dengan hadirnya Bank BJB yang dapat digunakan untuk membayar PBB, masyarakat menjadi memiliki lebih banyak pilihan tempat pembayaran.

Terlebih lagi, Bank BJB merupakan salah satu bank yang ada di setiap kota ataupun kabupaten di daerah Jawa Barat dan Banten sehingga sangat memudahkan para wajib pajak untuk membayar pajak.

Cara Bayar PBB di Bank BJB Online dan Offline

Agar dapat melakukan pembayaran, pastikan telah mengetahui tata cara pembayaran pajak PBB di Bank BJB.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Bank BJB menyediakan layanan pembayaran pajak PBB yang sangat memudahkan para nasabahnya.

Tidak seperti pembayaran PBB di tempat lain, membayar PBB melalui Bank BJB ternyata dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan yang ada pada layanan PBB oleh Bank BJB.

Keunggulan yang dimiliki oleh Bank BJB tersebut terletak pada metode pembayarannya yang beragam.

Dengan begitu, para wajib pajak hanya perlu menyesuaikan metode yang diinginkannya. Sangat menarik bukan?

Sebelum melakukan pembayaran PBB di Bank BJB, alangkah baiknya memperhatikan ketentuan serta tata cara bayar PBB di Bank BJB terlebih dahulu.

Baca Juga Penghasilan Kena Pajak

Ketentuan Bayar PBB di Bank BJB

Dalam melakukan pembayaran PBB, setiap wajib pajak tentu harus mengikuti setiap ketentuan yang berlaku.

Ketentuan pembayaran PBB di setiap tempat pembayaran mungkin dapat berbeda, bergantung pada kebijakan setiap tempatnya.

Apabila membayar PBB melalui Bank BJB, terdapat dua ketentuan yang harus diperhatikan.

Ketentuan tersebut yakni bersedia menandatangani Perjanjian Kerja Sama mengenai layanan pembayaran pajak daerah antara Pemerintah Daerah dengan Bank BJB.

Ketentuan kedua yang harus dipenuhi oleh para wajib pajak yaitu harus bersedia mengisi berkas prerequisites check list yang akan digunakan pada integrasi sistem.

Cara Bayar PBB Offline

Cara bayar PBB di Bank BJB secara offline sendiri dapat dilakukan melalui beberapa channel yang dapat dipilih dengan bebas oleh para wajib pajak.

Channel yang disediakan oleh Bank BJB yaitu meliputi teller, Electronic Data Capture (EDC), ATM, serta pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan Bank BJB, seperti Alfamart, Indomaret, dan PT Pos.

Cara pembayaran PBB secara offline sangatlah mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan pembayaran PBB secara offline yaitu mendatangi teller bank ataupun pihak ketiga yang telah disebutkan di atas.

Setelah itu, memberikan informasi terkait Nomor Objek Pajak yang tertera pada SPPT Wajib Pajak ke petugas.

  1. Cari lokasi pembayaran terdekat
  2. Berikan informasi mengenai pembayaran PBB
  3. Peritahukan surat pembayaran SPPT PBB ke petugas
  4. Serahkan uang sesuai dengan nominal pembayaran
  5. Selanjutnya, anda akan menerima Surat Tanda Terima Setoran

Cara Bayar PBB Online

Selain melalui cara offline, cara bayar PBB di Bank BJB juga dapat dilakukan secara online.

Bahkan, cara ini dinilai lebih praktis untuk dilakukan. Dengan membayar PBB secara online, maka Anda sudah menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Untuk melakukan pembayaran PBB secara online dapat dilakukan melalui aplikasi BGB Digi. Anda dapat menginstall aplikasi tersebut kemudian langsung menuju menu pajak dan ikuti panduannya.

Selain itu, terdapat pihak ketiga lain yang bekerja sama dengan bank BJB yang bisa menjadi perantara dalam membayar PBB.

Pihak ketiga tersebut meliputi Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Untuk melakukan pembayaran secara online melalui pihak ketiga, maka langsung saja mengunjungi masing-masing situs resminya.

Baca Juga Call Center Bank BJB

Penutup

Itulah informasi mengenai cara bayar PBB di Bank BJB yang meliputi ketentuan hingga panduan pembayarannya.

Hadirnya Bank BJB membawa dampak positif bagi para wajib pajak karena memfasilitasi layanan pembayaran dengan berbagai channel inovatif.

Leave a Comment

Shopee